Jakarta

Ayam berasal dari telur, tapi telur juga dihasilkan dari ayam. Jadi yang mana yang duluan, ayam atau telur? Perdebatan seperti ini sering terjadi, tak hanya oleh orang awam tapi juga para ilmuwan.

Melansir Live Science, Rabu (19/4/2023) kebanyakan ilmuwan biologi sudah sepakat bahwa telur datang lebih dulu sebelum ayam. Pada tingkatan paling dasar, dipercaya telur awalnya hanya sel betina. Nah, cangkang keras dari telur disebut sebagai evolusi makhluk dalam berkembang biak.

“Telur adalah langkah penting dalam evolusi (vertebrata), karena memungkinkan amnion (ketuban) untuk pergi semakin jauh dari air,” kata Koen Stein, ahli paleontologi di Royal Belgian Institute of Natural Sciences, kepada Live Science.

Sebelum telur bercangkang keras, vertebrata harus bergantung pada air untuk bereproduksi. Sebagian besar amfibi masih menghadapi batasan ini, mereka perlu menjaga telurnya tetap lembab agar dapat bertahan hidup.

Lebih lanjut, burung tidak muncul dalam catatan fosil hingga pertengahan hingga akhir Jurassic, sekitar 165 juta hingga 150 juta tahun yang lalu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology. Akan tetapi para ilmuwan berpikir telur bercangkang pertama berevolusi jauh sebelum itu yakni sekitar 325 juta tahun yang lalu, menurut University of Texas. Artinya, telur hadir jauh sebelum ayam.

Telur pertama ini kemungkinan memiliki karakteristik yang berbeda, tak seperti sekarang. Telur pertama dipercaya memiliki bentuk lunak dan teksturnya kasar.

Jadi, telur lebih dulu dari ayam, ya. Kasus selesai? Hmm, ternyata belum. Kalau bicara soal ayam modern, jawabannya mungkin akan jadi berbeda.

Ayam modern (Gallus gallus domesticus) kemungkinan berevolusi dari subspesies ayam hutan merah (Gallus gallus) sekitar 50 juta tahun yang lalu. Manusia yang tinggal di Asia Tenggara pertama kali menjinakkan unggas ini antara tahun 1650 SM dan 1250 SM, menurut artikel penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Dipercaya, ayam modern yang kita kenal sekarang mengalami evolusi dari kawin silang sehingga embrio ayam spesies baru tersebut berkembang dalam telur sebelum menetas. Kemudian, setelah mencapai usia dewasa, ia melanjutkan keturunan dengan cara bertelur. Kalau begini kasusnya, ayam modern bisa dikatakan ada lebih dulu ketimbang telur ayamnya. Karena, induk dari ayam modern adalah spesies yang berbeda yaitu ayam hutan merah.

Kesimpulannya adalah, duluan mana spesies ayam secara umum dan telurnya? Jawabannya adalah telur. Tapi duluan mana ayam modern yang kita kenal hari ini dan telurnya? Jawabannya adalah ayam modern, karena induk moyangnya adalah spesies ayam yang berbeda.

Simak Video “Bikin Laper: Nyobain Ayam Gohyong Malaya di Gandaria
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Baca Juga :  28 Siswi Dirawat di RS Usai Coba Papan Pemanggil Arwah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here